Khalifah Islam Saat Ini: Hazrat Mirza Masroor Ahmad

Khalifah Islam Saat Ini: Hazrat Mirza Masroor Ahmad

Khalifah Islam Saat Ini: Hazrat Mirza Masroor Ahmad
Khalifah Islam saat ini, Hazrat Mirza Masroor Ahmad

Jika kita melihat Khalifah Islam Saat ini, yang paling cocok adalah khalifah Ahmadiyah, Hazrat Mirza Masroor Ahmad. Beliau adalah sosok Khalifah dari antara umat Islam yang ada saat ini.

Hadhrat Mirza Masroor Ahmad adalah Khalifah kelima dari Jemaat Islam Ahmadiyah. Beliau terpilih menjadi Khalifah untuk seumur hidup sejak 22 April 2003. Beliau menjabat sebagai pimpinan ruhani dan kepala administrasi di seluruh dunia dari sebuah organisasi Islam internasional dengan pengikut sebanyak sepuluh juta jiwa lebih. Para anggotanya telah tersebar di lebih dari 200 negara di dunia.

Saat ini beliau mendapatkan gelar Amiirul Mu’miniin (Pemimpin bagi para orang-orang yang beriman) atau Huzur (yang mulia). Beliau senantiasa didoakan oleh para anggotanya dengan ayyadahuLLoohu ta’aala bi nashrihil-‘aziiz (semoga Allah Ta’ala menguatkan beliau dengan pertolongannya Yang Perkasa). Doa ini dibubuhkan di akhir nama beliau dengan singkatan ‘aba’ atau ‘atba’.

Beliau lahir 15-9-1950 di Rabwah, Pakistan. Beliau menempuh pendidikan hingga mendapatkan gelar Magister Ekonomi Pertanian di tahun 1977 dari Universitas Pertanian di Faisalabad, Pakistan, beliau secara resmi mempersembahkan hidupnya untuk pengabdian kepada Islam.

Mulai tahun 1977 hingga tahun 1985, beliau mengkhidmati Islam dan umat manusia di Ghana. Beliau menjalankan proyek pembangunan di bidang sosial, pendidikan serta pertanian. Patut menjadi kebanggaan yang gemilang bahwa beliau berhasil menanam gandum di tanah Ghana untuk pertama kalinya dalam sejarah negara tersebut.

Dari Ghana, beliau kembali ke Pakistan di tahun 1985 dan berkhidmat di berbagai posisi senior dalam Jemaat Muslim Ahmadiyah selama 18 tahun, termasuk sebagai Ketua Eksekutif Jemaat Muslim Ahmadiyah di Pakistan dari tahun 1997 hingga beliau terpilih sebagai Khalifah di puncak karir beliau.

Saat ini Hazrat Mirza Masroor Ahmad tinggal di Islamabad, Sheephatch Lane, Tilford GU10 2AQ, U.K.

Hobi beliau adalah berkebun, membaca, fotografi dan berjalan kaki.

Tentang Khalifatul Masih, Khalifah Islam Saat Ini

Khalifatul Masih berasal dari dua kata, yaitu ‘Khalifah’ dan ‘Almasih’. Oleh karena itu ‘Khalifatul Masih’ berarti seorang pemimpin yang menggantikan Al-Masih (di akhir zaman), yaitu Nabi Isa (as) yang kedatangannya dijanjikan oleh Rasulullah (saw).

Al-Qur’an telah menjanjikan bahwa umat Islam yang menjalankan keimanan dan amal shaleh sesuai ridho Allah akan mendapatkan ganjaran ‘Khilafat’ atau kekhalifahan, yaitu sistem kepemimpinan yang diatur oleh seorang Khalifah (Penerus ruhani) yang ditunjuk oleh Allah untuk melanjutkan pekerjaan seorang utusan-Nya.

Saat ini Jemaat Islam Ahmadiyah adalah satu-satunya organisasi Islam di dunia yang bersatu di bawah seorang pemimpin yang dikenal sebagai Khalifah. Khalifatul Masih adalah penerus Hadhrat Masih Mau’ud, Hazrat Mirza Ghulam Ahmad dari Qadian (as). Setelah kewafatnya di tahun 1908, lembaga Khilafat didirikan kembali pada 27 Mei 1908.

Setiap tanggal 27 Mei, Jemaat Muslim Ahmadiyah merayakan Hari Khilafat. Di tahun 2008 lalu, Khilafat Ahmadiyah telah berjalan selama 100 tahun.

Lembaga Khilafat adalah sumber persatuan & kesatuan, lambang semangat, organisasi dan sumber kemajuan. Komunitas ini berfokus pada perdamaian. Hazrat Mirza Masroor Ahmad adalah Khalifah yang kelima dari Jemaat Muslim Ahmadiyah. Meskipun Khilafat sama sekali bukan institusi yang diwariskan secara turun-temurun, namun Yang Mulia Mirza Masroor Ahmad kebetulan merupakan cicit dari Pendiri Jemaat Muslim Ahmadiyah.

Sekilas tentang Ahmadiyah

Jemaat Muslim Ahmadiyah adalah organisasi keagaaman internasional. Organisasi yang berkembang berkembang pesat dan dinamis di dalam agama Islam. Hazrat Mirza Ghulam Ahmad dari Qadian, India telah mendirikan Jemaat Muslim Ahmadiyah pada tahun 1889. Muslim Ahmadi meyakini bahwa beliau adalah Al-masih yang dijanjikan Rasulullah (saw) yang telah lama ditunggu-tunggu dan Imam Al-Mahdi, yang kedatangannya dinubuwwatkan (dijanjikan) oleh Nabi Muhammad (saw). Pusat Komunitas saat ini berada di United Kingdom (Inggris Raya), tempat Yang Mulia Mirza Masroor Ahmad tinggal.

Jemaat Muslim Ahmadiyah menyebarkan ajaran Islam yang benar dan pesan perdamaian dan toleransi melalui saluran televisi satelit (MTA) selama dua puluh empat jam [2], Internet dan media cetak (Islam International Publications).

Jemaat Muslim Ahmadiyah adalah organisasi keagamaan yang sepenuhnya mandiri dan tidak memiliki ambisi politik apa pun.

#khalifah#islam#ahmadiyah#khilafat#mirzamasroorahmad#khalifahislam #LoveForAllHatredForNone #PustakaIsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *